Kamis, 05 April 2018

MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK



SEMINAR TRINITAS GMAHK(download):


TULIS GMAHK:

Sejumlah penulis Advent sekarang ini menentang doktrin Trinitas.  Mereka mengatakan bahwa doktrin Trinitas adalah doktrin Gereja Roma Katolik.  Jadi mereka menghimbau agar gereja Advent kembali kepada pandangan para pionir Advent yang percaya hanya ada satu kepribadian Allah.

TANGGAPAN SAYA:

1. Artinya tidak semua orang Advent menerima begitu saja ajaran trinitas.
2. Trinitas adalah doktrin Roma Katolik.
3. Para pionir Advent menentang trinitas.

TULIS GMAHK:

Suatu Deklarasi Prinsip2 Dasar yang Diajarkan dan Dipraktekkan oleh MAHK  -  1872

BAHWA    ADA    SATU    Allah,    suatu    pribadi,    pribadi    rohani,    pencipta    segala    sesuatu,    mahakuasa,    mahatahu    dan    kekal,    akal    budi-Nya    tak    terbatas,    kudus,    adil,    kebaikan,    kebenaran    dan    pengasih;    tidak    berubah,    dan    hadir    dimana-mana    melalui   perwakilan-Nya,    Roh    Kudus.        Mazmur    139:7.

TANGGAPAN SAYA:

1. Satu ALLAH
2. ROH KUDUS adalah perwakilan ALLAH.


TULIS GMAHK:

Dasar-dasar Kepercayaan MAHK  -  1931

Bahwa    Kepemimpinan    Allah,    atau    Trinitas    terdiri    dari    Bapa    Kekal,    suatu    pribadi,    Pribadi    rohani;    Allah    mahakudus,    mahahadir,    mahatahu,    pengetahuan    tak    terbatas    dan    kasih;    Tuhan    Yesus    Kristus,    Anak    Bapa    yang    Kekal,    melalui    Dia    segala    sesuatu    diciptakan    dan    melalui    Dialah    keselamatan    orang-orang    tebusan    dapat    tercapai;    Roh    Kudus,    Oknum    Ketiga    dari    Kepemimpinan    Ke-Allahan,    kuasa    agung    pembaharuan    yang    mengerjakan    penebusan.        Matius    28:19.   

TANGGAPAN SAYA:

YESUS KRISTUS adalah ANAK BAPA. Jika ada jenjang yang lebih tinggi yaitu BAPA dan ada jenjang yang lebih rendah, yaitu: ANAK, maka itu tidak boleh dijumlahkan sebagai dua atau tiga, sebab jenisnya berbeda. BAPA dengan ANAK bukanlah dua melainkan satu BAPA dan satu ANAK, sebagaimana kata Alkitab;

1Tim. 2:5Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

TULIS GMAHK:

Dasar-dasar Kepercayaan MAHK  -  1980

Ada    satu    Allah:    Bapa,    Anak,    dan    Rroh    Kudus,    suatu    kesatuan    dari    -ga    Pribadi    yang    sama-sama    kekal,    mahakuasa,    mahatahu,    diatas    segala-galanya    dan    mahahadir.        Dia    tak    terbatas    dan    diluar    jangkauan    pikiran    manusia,    namun    dapat    dikenal    melalui   
pernyataan    Diri-Nya.        Dia    layak    disembah    selama-lamanya,    dikagumi    serta    pelayanan    oleh    seluruh    ciptaan.        Ul.    6:4;    29:29;    Mat.    28:19;    2    Kor.    13:14;    Ef.   
4:4-6;    1    Pet.    1:2;    1    Tim.    1:17;    Wahyu    14:6,    7.   

TANGGAPAN SAYA:

Alkitab tak pernah mengatakan bahwa ANAK itu ALLAH, melainkan ANAK ALLAH. Hanya BAPA saja yang ALLAH;

Ulangan 6:4(Terjemahan Lama): Dengarlah olehmu, hai Israel! sesungguhnya Hua, Allah kita, Hua itu esa adanya.

YHWH itulah yang disebut ALLAH.

Alkitab LAI ketika menuliskan TUHAN untuk ALLAH menggunakan huruf besar semuanya > T U H A N. Tapi untuk YESUS hanya huruf awalnya saja yang besar: T u h a n;

Kej. 2:4Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, --

Mat. 8:25Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: "Tuhan, tolonglah, kita binasa."


Ulangan 29:29Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini."

TUHAN(huruf besar semuanya) itulah ALLAH kita, juga ALLAH-nya YESUS;

Mat. 27:46Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?"* Artinya: /Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Yoh. 20:17Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."

Why. 3:12Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru.


Matius 28:19Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Semua orang harus dibaptis dalam 3 nama: BAPA, ANAK, dan ROH KUDUS. Tapi ketiganya tidaklah esa.


2Korintus 13:14(13-13) Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.

YESUS KRISTUS "dan" ALLAH "dan" ROH KUDUS = 3, bukan 1.

Efesus 4:4

satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,
4:5satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,
4:6satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.

Satu ROH: ROH KUDUS, satu TUHAN: YESUS, satu ALLAH: BAPA. Masing-masing adalah satu, berdiri sebagai pribadi sendiri-sendiri.

1Petrus 1:2yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.

1. Yang punya rencana? ALLAH/BAPA.
2. Yang menguduskan? ROH KUDUS
3. Yang harus ditaati? YESUS KRISTUS.

Yang punya program? Presiden. Yang mengontrol? DPR. Yang melaksanakan program? Menteri.

1Timotius 1:17Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.

ALLAH adalah esa.

Wahyu 14:6

Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum,
14:7dan ia berseru dengan suara nyaring: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air."

ALLAH adalah Pencipta. YESUS pelaksana penciptaan ALLAH;

Ibrani 1:2maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.

Alam semesta diciptakan ALLAH melalui YESUS, selaku yang berhak menerima segala yang ada;

Matius 28:18Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Wahyu 5:12katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!"

TULIS GMAHK:

Dua Pionir Utama GMAHK adalah Joseph Bates dan James White dimana kedua-duanya berasal dari Gereja ChrisIan ConnecIon. Jadi pada waktu Joseph Bates dan James White bergabung dengan
Gereja MAHK, mereka juga membawa doktrin Gereja ChrisIan ConnecIon yang anI-Trinitas.

TANGGAPAN SAYA:

GMAHK telah bermain sihir memutar balikkan sejarah berdirnya GMAHK. Sebab sebelum Ny. Ellen G. White mengorganisirkan General Conference pada tahun 1863, GMAHK itu masih belum ada. Ny. Ellen G. White-lah yang melahirkan GMAHK. Bagaimana dikatakan Ny. Ellen G. White yang bergabung ke GMAHK?????????

Nah, jika para pendiri GMAHK itu anti trinitas, maka GMAHK harusnya juga anti trinitas atau keluar dari GMAHK. Siapa saja yang pro trinitas harus dipecat dari GMAHK. Kenapa kini justru dibalik, orang-orang yang ingin mengembalikan posisi GMAHK ke anti trinitas yang dipecat oleh GMAHK? Adakah GMAHK ini telah dijadikan sarang penyamun?

Yer. 7:11Sudahkah menjadi sarang penyamun di matamu rumah yang atasnya nama-Ku diserukan ini? Kalau Aku, Aku sendiri melihat semuanya, demikianlah firman TUHAN.

Adakah para Farisi modern telah menduduki kursi Ny. Ellen G. White?

Mat. 23:2"Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa.

Wouh, itu namanya penjajahan! GMAHK telah dijajah oleh Farisi modern!

TULIS GMAHK:

Kepercayaan ChrisIan ConnecIon tentang Ke-Allahan. Mereka    katakan,    “Bapa    itu    tidak    mempunyai    permulaan,    berdiri    sendiri    dan    kekal.”        Sedangkan    Yesus    Kristus    itu    “mempunyai    permulaan,    bergantung    dan    keberadaan-Nya    berasal    dari    Bapa.”        Lalu    Roh    Kudus    itu    adalah    “kuasa    dan    enersi    Allah,    pengaruh    yang    kudus    dari    Allah.”   

TANGGAPAN SAYA:

Justru itulah yang sesuai Alkitab;

Tentang BAPA:
Yes. 43:10"Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.

Tentang YESUS:
Wahyu 3:14"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:

Tentang ROH KUDUS:
Kis. 1:8Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Jadi, yang menentang ajaran itulah yang salah!

TULIS GMAHK:

Bagi James White doktrin Trinitas merupakan suatu cerita dongeng dan jauh dari kebenaran Alkitab.  Dia menolak kekekalan Yesus karena Dia adalah “Anak dari Allah yang kekal.”  Dia kira doktrin Trinitas adalah buatan Gereja Katolik yang diterima Protestan sebagai doktrin yang salah.

TANGGAPAN SAYA:

James White itulah yang benar. Dia adalah owner GMAHK. Karena itu dia berhak menentukan ajaran bagi GMAHK. Siapapun pendeta GMAHK tak mempunyai hak mengubah-ubah anggaran dasar GMAHK yang telah ditetapkan oleh para pendirinya.

Ajaran trinitas memang dilahirkan oleh Roma Katolik melalui konsili Nicea I tahun 325 Tarikh Masehi.

TULIS GMAHK:

John Loughborough berpendapat bahwa doktrin Trinitas bertentangan dengan akal sehat, bertentangan
dengan Kitab Suci, dan doktrin itu berasal dari kekafiran dan dongeng.  -  J.N. Loughborough, Review and
Herald, 5 November 1861, 184.

TANGGAPAN SAYA:

John Loughborough memang benar bahwa doktrin trinitas itu bertentangan dengan akal sehat, sebab tak pernah diajarkan dalam matematika manapun bahwa 3 = 1, bertentangan dengan Kitab Suci, sebab Kitab Suci tak memuat ajaran trinitas. Ajaran trinitas memang berasal dari kekafiran dan dongeng!

TULIS GMAHK:

Uriah Smith, editor dari majalah GMAHK bernama Review and Herald berkata bahwa Yesus adalah mahluk ciptaan.  Dia adalah “mahluk ciptaan yang pertama, telah ada sebelum segala sesuatu diciptakan, dekat kepada Allah Yang Maha Kekal dan yang tanpa permulaan.”  -  Uriah Smith, Thoughts, Cri?cal and  Prac?cal, on the Book of Revela?on, 59.

TANGGAPAN SAYA:

Uriah Smith, editor dari majalah GMAHK, itulah yang benar yang sesuai Alkitab;

Ams. 8:22TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.

TULIS GMAHK:

Dipihak yang lain, William Miller yang berasal dari Gereja BapIs percaya akan doktrin Trinitas.  Dia berkata: “Saya percaya akan Allah yang hidup dan benar, dan ada Iga Pribadi dalam Keallahan . . .
Tiga Pribadi dari Iga kesatuan Allah yang saling berhubungan.”  -  Memoirs of William Miller, 77-78.

TANGGAPAN SAYA:

William Miller itu spesialis nubuatan, bukan spesialis doktrin. Karena itu wajar jika dia ada kekurangan di sisi yang lain. Tokh, faktanya nubuatannya juga kurang sempurna. Faktanya YESUS masuk ke bilik yang mahakudus pada tanggal 22 Oktober 1844, dibilangnya YESUS datang ke dunia untuk mengakhiri dunia(kiamat).

(Berlanjut besok)



Tidak ada komentar: